Sunday, November 15, 2015

Uranium

URANIUM




Uranium adalah suatu unsur kimia dalam table periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92.. Ia merupakan atom putih keperakan yang termasuk dalam deret aktinida tabel periodik.Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron, dengan elektron valensi 6

Manfaat dari uranium antara lain:

1. Memberantas Hama Penyakit

Caranya, yaitu dengan menyinarkan radiasi pada hama serangga. Hal itu mengakibatkan serangga jantan akan mengalami kemandulan. Setelah itu dilepas di areal pertanian. Dengan harapan terjadi perkawinan antara serangga jantan mandul dengan betina. Telur hasil perkawinan tidak akan menetas, sehingga akan mengganggu populasi hama serangga tersebut.

2. Pembuatan Bibit Unggul

Dengan cara radiasi, sebuah spesies tanaman di bidang pertanian dapat dicari dan dijadikan bibit unggul. Hasil seperti itu sudah dilakukan di Indonesia untuk menemukan bibit unggul tanaman padi dengan varietas terbaik. Dengan begitu, masyarakat Indonesia dapat memproduksi dan mengkonsumsi padi bibit unggul yang aman dan sehat.

3. Menyimpan Bahan Makanan Lebih Lama

Perlu diketahui bahwa bahan makanan, seperti kentang dan bawang merah jika disimpan terlalu akan bertunas. Oleh karena itu, sebelum disimpan terlebih dahulu disinari radiasi dengan dosis tertentu. Dengan begitu, bahan makanan tersebut tidak akan bertunas dan lebih lama disimpan untuk dijadikan persediaan. Itulah sedikit informasi yang bisa diberikan mengenai manfaat uranium.

4. Arkeologi

Para ilmuwan juga telah memanfaatkan uranium untuk menentukan usia batuan dan lapisan tanah.

5. Foto Rontgen

Senyawa uranium nitrat dapat digunakan sebagai bahan pembuatan dioksida uranium yang berguna dalam foto rontgen.



5. Pelapis kendaraan tempur

Uranium digunakan oleh militer Amerika Serikat sebagai pelapis tank M1 Abrams, yaitu campuran antara DU dan 0,7% Titanium.





6.  Pemberantasan hama dengan teknik jantan mandul

Radiasi dapat mengakibatkan efek biologis, misalnya hama kubis.Di laboratorium dibiakkan hama kubis dalam bentuk jumlah yang cukup banyak. Hama tersebut lalu diradiasi sehingga serangga jantan menjadi mandul. Setelah itu hama dilepas di daerah yang terserang hama. Diharapkan akan terjadi perkimpoian antara hama setempat dengan jantan mandul dilepas. Telur hasil perkimpoian seperti itu tidak akan menetas. Dengan demikian reproduksi hama tersebut terganggu dan akan mengurangi populasi.

7. Girokompas dan alat pengontrol

Uranium juga dapat digunakan sebagai girokompas dan alat pengontrol pada pesawat ruang angkasa. Uranium yang digunakan untuk keperluan ini memiliki tingkat radioaktif yang rendah.

8. Penyimpanan makanan

Kita mengetahui bahwa bahan makanan seperti kentang dan bawang jika disimpan lama akan bertunas. Radiasi dari uranium dapat menghambat pertumbuhan bahan-bahan seperti itu. Jadi sebelum bahan tersebut di simpan diberi radiasi dengan dosis tertentu sehingga tidak akan bertunas, dengan demikian dapat disimpan lebih lama.

9. Pemeriksaan tanpa merusak.

Radiasi dari uranium dapat digunakan untuk memeriksa cacat padalogam atau sambungan las, yaitu dengan meronsen bahan tersebut. Tehnik ini berdasarkan sifat bahwa semakin tebal bahan yang dilalui radiasi, maka intensitas radiasi yang diteruskan makin berkurang, jadi dari gambar yang dibuat dapat terlihat apakah logam merata atau ada bagian-bagian yang berongga didalamnya. Pada bagian yang berongga itu film akan lebih hitam

10. Sebagai proyektil (peluru)

Perlu diketahui bahwa secara kimiawi uranium merupakan logam berat berwarna keperakan dan bersifat sangat padat. Pada suhu dan tekanan yang tinggi, logam uranium dapat menyala dan membentuk kabut. Aerosol uranium bersifat cair dan sangat panas. Oleh karena itu, beberapa kalangan khususnya militer memanfaatkannya untuk dipakai dalam sistem persenjataan konvensional yang bersifat taktis.
Uranium dapat digunakan sebagai senjata penembus berenergi kinetis. Senjata seperti ini biasanya dipergunakan dalam sistem senjata anti tank atau kendaraan lapis baja lainnya. Dengan begitu, saat ditembakkan dapat menembus kulit atau body kendaraan lapis baja. Cukup efisien hingga tidak sedikit negara yang telah mengembangkannya sebagai senjata taktis konvensional.
Anda bisa membayangkan sebuah proyektil berbasis kinetik ditembakkan dengan kecepatan 1000 m/detik melalui sebuah pipa. Cairan uranium atau disebut slug yang ditembakkan inilah mampu menembus dinding lapis baja sebuah kendaraan militer dengan mudah.


11. Sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir












Sekian mohon maaf jika ada mantan kesalahan J

No comments:

Post a Comment

Silahkan dikomentari Pos Kami :) ~ Admin