Sunday, February 14, 2016

Resensi Majalah EkSisGuA

Judul Buku : Eksisgua

Jenis buku : Majalah

Penyusun : Tim Ekskul Jurnalistik SMP Negeri 8 Padang

Edisi : 13 (Desember 2015)

Tebal Buku : 32 hlm.

Harga Buku : Rp. 15.000,00


    Kata Eksisgua berasal dari kata EKspresi SISwa, GUru, dan OrangtuA. Eksisgua merupakan majalah yang dibuat sebagai hasil dari pembelajaran para siswa yang mengikuti ekskul Jurnalistik sebagai salah satu tugas ekskulnya. Majalah ini menyampaikan beragam berita seputar kegiatan di SMPN 8 Padang. Pada edisi ke-13 kali ini Tim Redaksi Eksisgua mengulas peristiwa seputar kurtilas (Kurikulum 2013), UN Online, serta Kunjungan Tim Redaksi Eksisgua ke Media lokal di kota Padang.

    Dalam buku ini ada yang menarik untuk dibaca seperti artikel tentang "kurikulum 2013: Hidup Segan, Mati tak Mau" yang berisi tentang persoalan beberapa sekolah yang 'agak' keberatan menjalani sistem belajar dengan kurikulum 2013 ini. Selain itu ada beberapa artikel menarik yang harus untuk dibaca. Beberapa kelebihan dari buku ini antara lain: aktual, bahasanya mudah dipahami, informatif, inspiratif, ilustrasi yang sangat berhubungan dengan judul, menarik, colorful, dan desain terbaru dengan visi dan misi SMPN 8 Padang. Sayang, masih ada beberapa kekurangan dan kesalahan dalam penyajian di buku ini. seperti logo Spendel yang ada 'bolong'-nya, ejaan yang kurang baku (terutama bahasa Inggris), tidak ada daftar isi yang membingungkan pembaca, warna latar di beberapa halaman artikel yang tidak sesuai dengan logo Eksisgua, 'amburadul' dalam peletakkan artikelnya sehingga membingungkan pembaca dan disarankan memberi penunjuk halaman. kesalahan ejaan dsb.

    Namun, setelah saya wawancarai Pemimpin Redaksi, Nana pada hari Kamis (11/02), menyatakan bahwa isi majalah Eksisgua yang di lauching berbeda dengan yang sudah beredar di Seluruh SMP Negeri 8 Padang. Dia menyatakan bahwa semua majalah yang di launching itu telah dibaca seluruh isinya dan tidak ada kesalahan sedikitpun. Tiba-tiba pada edisi yang beredar, terdapat banyak kesalahan. Dengan demikian semua kesalahan pada majalah itu sepatutnya dimaklumi karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

    Majalah ini sepatutnya dibaca untuk adik-adik kelas 6 SD yang ingin tahu lebih lanjut tentang SMPN 8 Padang. Namun saya dengar-dengar majalah ini baru di edarkan untuk siswa SMP Negeri 8 Padang saja. Mungkin yang ingin membeli agak bersabar dulu ya!

Galeri






3 comments:

  1. Andi, kalau postingan ini disebarluaskan untuk disalin oleh orang lain dalam rangka sumber pembelajaran, sesuaikanlah drngan struktur teks ulasan K-13 atau KTSP. Akronim eskul tidaklah benar. Yang benar adalah ekskul dari kepanjangan ekstra kurikuler.

    ReplyDelete
  2. Admin, tolong disesuaikan dengan struktur teks ulasan (K-13) atau teks resensi (KTSP). Akronim eskul seharusnya ditulis ekskul.

    ReplyDelete

Silahkan dikomentari Pos Kami :) ~ Admin