Monday, September 7, 2015

Ringkasan Teks Eksemplum

          Teks Eksemplum termasuk teks cerita (story genre) yang mengisahkan tokoh atau pelaku. Kisah tersebut diawali dengan pengenalan tokoh (Orientasi), kemudian dilanjutkan dengan insiden dan peristiwa yang dialami tokoh, lalu ditutup dengan interpretasi yang muncul dari dalam diri tokoh.


          Orientasi atau pengenalan tokoh merupakan bagian awal teks yang membicarakan tentang tokoh utama di dalam teks. Insiden merupakan peristiwa yang berisi persoalan yang dihadapi tokoh utama di dalam kehidupannya. Dan Interpretasi merupakan evaluasi dan akibat terhadap pilihan yang 
dilakukan tokoh utama sehingga memberi pembelajaran pada dirinya dan merupakan pandangan penulis terhadap peristiwa dan kejadian yang dialami pelaku dan diharapkan akan menjadi pesan moral bagi partisipan (Pembaca).

STRUKTUR TEKS
  1. Orientasi
  2. Insiden
  3. Interpretasi
UNSUR KEBAHASAAN
     1. Terdapat Kata Keterangan Tempat, Waktu, dan Cara.
tujuannya untuk menghidupkan suasana seta untuk mengisyaratkan bahwa cerita di dalam teks terjadi secara berurutan. Contoh kata : ke, sampai, dari (K. tempat);sering, selalu, sebentar lagi (K. waktu);bagi, guna, buat (K. tujuan); semaumu, secepatnya, sebaliknya (K. cara).
     contoh : Kemarin, aku pergi ke rumah temanku.

     2. Kata hubung (Konjungtor) Intra kalimat dan Antar kalimat.
Kata hubung memiliki peran penting dalam membangun kalimat atau paragraf di dalam sebuah teks.kekuatan dan katerkaitan makna ditentukan dengan kata hubung.
contoh kata : dan, tetapi, karena, akan tetapi, dan kemudian.
Kata hubung Intra kalimat menggabungkan 2 klausa , sedangkan Kata hubung Antarkalimat menggabungkan 2 kalimat dan pada umumnya ditemukan di awal kalimat ke dua. 
contoh : Karena hujan, Risa tidak bisa ke rumah temannya.
   
     3. Kalimat Majemuk Setara dan Bertingkat.
Pada kalimat majemuk setara memiliki hubungan yang setara atara subyek pertama dengan kedua, sedangkan pada kalimat majemuk bertingkat memiliki hubungan bertingkat.
contoh : - kita telah bekerja terus menerus dan tidak henti-henti menuai padi.
          - Jalan menuju huma licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir.

Contoh teks Eksemplum
Rumah Inneke Koesherawati kemalingan
Satu lagi rumah artis yang menjadi sasaran maling, pagi tadi rumah artis yang kebobolan maling adalah rumah mewah Inneke Koesherawatiyang berada di Jalan Imam Bonjol nomor 16, Jakarta Pusat. Semua penghuni rumahnya Inneke Koesherawati ini kemalingan ketika semuanya berada diluar kota dan rumah tersebut hanya dijaga oleh dua orang sekuriti.  Sejak pukul 11.00 WIB, 10 orang petugas dari kepolisian sudah berada di rumah tersebut bersama satu anjing pelacak.
Diketahui berdasarkan jejak-jejak yang tertinggal di tembok dan jendela rumah berupa sidik jari jejak kaki menunjukkan jumlah malingnya ada tiga orang.
Rumah Inneke Koesherawati yang dibobol lewat belakang rumah ini, dua orang sekuriti yang sedang menjaga rumah tersebut tidak mendengarkan suara apapun adanya maling yang sedang membobol jendela secara paksa.  
Katanya polisi sih ada 3 orang. Ada tapak kaki dan sidik jari di beberapa tempat,” kata suami Inneke Koesherawati, dr Fahmi, kepada detikcom, Senin (27/10/2008).
Keluarga Inneke Koesherawati mengetahui kabar rumahnya disambangi oleh maling setelah mendapatkan informasi dari staffnya, karena pada saat itu semuanya masih berada diluar kota. 
Saya baru dikasih tahu oleh staf. Staf tahunya dari sekuriti. Semua pada di luar kota“, kata dr. Fahmi.
Sedangkan mengenai jumlah kerugiannya karena diambil oleh maling, keluarga Inneke belum bisa mengetahuinya karena pihak kepolisian sedang menyelidiki sidik jarinya.
Belum bisa karena polisi masih menyelidiki sidik jarinya,” tambah dr. Fahmi.
Rumah tersebut menurut kabarnya digunakan sebagai tempat tinggal dan juga sebagai kantornya.
Kalo malingnya mengambil dokumen kantor bisa lebih gawat tuh … kayak di pelem aja … hehehe
Semoga bisa cepet terungkap, siapa yang telah menjadi malingnya dan apa saja yang diambilnya ( teks dari https://artistainment.wordpress.com/2008/10/27/rumah-inneke-koesherawati-kemalingan/)
sumber : Buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas IX

3 comments:

Silahkan dikomentari Pos Kami :) ~ Admin